Rabu, 8/4/20. Dr. H. Mahsusi M.M. Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama sebagai penguji dan Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag.,  Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan, sebagai mentor serta H. Achmad Nijam, M.M., Selaku Coact Nasrul Halim Hasibuan, M.A.P., Kabag Tata Usaha Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan, pada Seminar Rancangan Aksi Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I Pusdiklat Administrasi Kementerian Agama RI sesuai dengan undangan Kepala Pusat Diklat Administrasi Kementerian Agama No. B-361/P.IV/3.2/03/2020 tanggal 31 Maret 2020,  dengan menggunankan systim Daring Online.

Adapun judul yang diangkat project leader dalam aksi perubahan ini adalah “Penerapan E-Office Persuratan dan Disposisi di Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan”.

Pelatihan Kepemimpinan Administrator Pusdiklat Administrasi Kementerian Agama Angkatan I diselenggarakan dengan menggunakan sistim pembelajaran yakni :

  1. Klasikal I (on Campus) tgl. 10 Maret s.d. 9 April 2020,
  2. Pembelajaran Non Klasikal (off Campus) 10 April s.d. 08 Juni 2020
  3. Pembelajaran klasikal II (on campus) tgl. 09 s.d. 12 Juni 2020.

Akan tetapi dalam upaya kewaspadaan COVID-19 pembelajaran secara klasikal on campus di Pusdiklat Administrasi Kementerian Agama cuma dapat berlangsung dari  tanggal 10 – 18 Maret 2020. Dan selanjutnya tanggal 19  Maret – 09 April pembelajaran clasical on kampus dilanjutkan dengan pembelajaran jarak  jauh (daring) berbasis online dengan tetap menjaga kualitas pembelajaran sebagaimana dilakukan secara klasikal.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 30 orang peserta Dari Sekretariat Jenderal, Direktorat Jenderal Bimas Kristen, Direktorat Jenderal Haji dan Umroh, Balitbang dan Diklat. Seterusnya dari Kanwil Kemenag. Provinsi Riau, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Jawa tengah, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.  Kemudian dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Sultan Syarif Kasim Riau, Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi, Walisongo Semarang, Maulana Malik Ibrahim Malang, Antasari Banjarmasin. Serta dari IAIN Padangsidimpuan, Lhoksumawe, Metro, Bone, Surakarta, Tulungagung, Pontianak dan Madura.

Seminar Aksi perubahan ini dilakukan secara daring online yang dihadiri oleh Dr. H. Mahsusi, M.M., selaku penguji,  H. Achmad Nijam, M.M., selaku Coach,  Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag., selaku Mentor, dan Project Leader Nasrul Halim Hasibuan, M.A.P.

Dalam seminar ini Ada beberapa perbaikan yang disampaikan penguji, Dr. H. Mahsusi, M.M., diantaranya dari penggunaaan kalimat didalam judul aksi perubahan. Tentunya ini akan kita tindak lanjuti untuk perbaikan seperti kata coach H. Ahmad Nijam, M.M.

Seterusnya Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag., selaku mentor menyatakan, siap mendukung Aksi perubahan dengan judul e-office persuratan dan disposisi pada Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan. Lebih lanjut beliau menyampaikan aksi perubahan ini akan efektif dan efesien, karena project leader dinilai akan mampu melakukannya, jadi tidak sekedar program saja. Hal ini terlihat dari  kinerja project leader selama ini yang punya komitmen bagus, taat azaz, tertib organisasi, termasuk mematuhi instruksi,  dan mempunyai kemampuan IT yang cukup baik. walaupun aksi perubahan ini sebelumnya belum ada diterapkan di IAIN Padangsidimpuan. Tegas Fatah.